Sabtu, 14 Februari 2009

Muslim Tidak Ber-Valentine

Tau gak kalo perayaan (termasuk mengucapkan) hari Valentine itu bernuansa Kristen Pagan?
Sejarahnya, dulu setiap bulan Februari masyarakat Romawi kuno mempunyai tradisi memuja dewi cinta, namanya 'JUNO FEBRUATO'. Dimana pada tanggal 14 februari setiap laki-laki dan wanitanya melakukan ritual mencari pasangan. Para wanita menulis nama mereka pada kertas lalu dimasukkan ke dalam gelas kaca. Lalu para pria mengambil satu nama secara acak untuk dijadikan pasangannya selama satu tahun. Bila terdapat kecocokan pasangan bisa melanjutkan ke jenjang pernikahan, namun jika tak cocok ia bisa menukar kembali dengan yang lain.
Seiring dengan masuknya agama Kristen Katholik ke Roma, pemujaan terhadap dewi JUNO FEBRUATO ini berubah menjadi perayaan VALENTINE.
VALENTINE adalah nama seorang pendeta yg dihukum mati oleh KAISAR CLAUDIUS II yang kebetulan bertepatan pada tanggal 14 februari tahun 269 M. Ada beberapa versi tentang penyebab eksekusi kematiannya. Pertama karena VALENTINE mempertahankan keyakinannya bahwa yesus adalah Tuhan. Kedua karena VALENTINE ketahuan menikahkan sejumlah pria.
Ceritanya saat dibawah pemerintahan KAISAR CLAUDIUS II, romawi terlibat dalam peperangan. CLAUDIUS yang dijuluki si kaisar kejam kesulitan merekrut pemuda untuk memperkuat armada perangnya.
Ia yakin bahwa para pria romawi enggan masuk tentara karena berat meninggalkan keluarga dan kekasihnya. Akhirnya ia memerintahkan untuk membatalkan semua pernikahan dan pertunangan di romawi.
VALENTINE yang saat itu menjadi pendeta terkenal di Romawi menolak perintah ini.
Ia bersama MARIUS secara sembunyi-sembunyi menikahkan para pasangan yang sedang jatuh cinta. Namun aksi mereka diketahui sang kaisar yang segera memerintahkan pengawalnya untuk menyeret dan memenggal VALENTINE.
Kebetulan VALENTINE meninggal dunia pada tanggal 14 februari. Di mata umat Kristiani VALENTINE adalah seorang pahlawan cinta yg suci. sehingga ia dijuluki SAINT/SANTO VALENTINE. Nah dari momen inilah ritual pemujaan DEWI JUNO FEBRUATO yang dulu biasa dilakukan masyarakat Romawi kuno oleh umat Kristiani mulai diganti dengan ritual gereja yang mereka beri nama St.VALENTINE DAY.
Sisa-sisa kerangka VALENTINO berhasil digali kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada setiap hari Valentine, 14 Februari. Dimana peti emas diarak-arak dalam sebuah prosesi khusyuk dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu sebuah misa khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.
Jadi sudah jelas perayaan Valentine bukan sekedar perayaan untuk mengekspresikan cinta belaka. namun dibalik itu terdapat nuansa syiriknya.
Alloh Berfirman "Dan janglah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya". (Surah Al-Isra : 36)

Tidak ada komentar: